10 Cara Merawat Rambut Secara Alami

Cara Merawat Rambut Secara Alami - Selain wajah yang halus mulus, dambaan para wanita selanjutnya adalah rambut yang sehat berkilau alami.

Cara Merawat Rambut Secara Alami

Cara Merawat Rambut Secara Alami
- Selain wajah yang halus mulus, dambaan para wanita selanjutnya adalah rambut yang sehat berkilau alami. Untuk itu wanita mesti mengaplikasikan produk perawatan rambut disesuaikan dengan kondisi rambutnya.

Misalnya bila Anda berambut ikal, anda harus mengaplikasikan minyak kelapa agar rambut selalu berkilau dan gampang diatur. Begitu juga wanita dengan rambut lurus pun mesti memakai produk perawatan rambut yang bisa menjaga rambut tetap lurus. Berikut berbagai pilihan cara merawat rambut secara alami yang bisa dipilih.

Masker Pisang + Pepaya

Ramuan masker rambut alami ini sangat manjur untuk mempertahankan rambut selalu lurus berkilau. Untuk itu anda harus mencampurkan buah Pisang dan buah Pepaya dengan cara di-blender, kemudian tuangkan sedikit susu. Usapkan ke rambut dan diamkan dulu kurang lebih 45 menit. Cuci bersih dan kemudian keringkan dengan blow dry.

Susu

Cara merawat rambut secara alami berikutnya menggunakan susu cair. Masukkan susu cair ke botol semprot rambut kemudian semprotkan ke rambut secara merata. Agar meresap maka diamkan dulu selama 1/2 jam. Cuci menggunakan shampoo hingga bersih. Lakukan kebiasaan ini secara rutin agar diperoleh rambut yang selalu lurus sekaligus juga bersinar alami.

Teh

Daun teh, baik teh hijau maupun teh hitam, mengandung senyawa tanin yang dapat membantu menguncirisasi atau melurus rambut secara alami. Selain itu, dalam daun teh juga terdapat antioksidan yang bermanfaat untuk menghidrasi dan melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar UV dan polusi.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kita tinggal menyeduh beberapa lembar daun teh dengan air panas, kemudian diamkan hingga dingin. Setelah itu, saring seduhan teh tersebut agar ampasnya terpisah.

Setelah keramas dan membilas rambut dengan bersih, gunakan air seduhan teh sebagai pengganti conditioner. Usapkan merata ke seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung dengan perlahan sambil dipijat agar meresap sempurna.

Diamkan beberapa saat sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih. Rambut akan terasa lebih lembut, berkilau, dan sedikit lebih lurus setelah perlakuan ini. Kandungan teh alaminya memang cocok untuk semua jenis rambut.

Selain sebagai conditioner, air seduhan teh juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga warna rambut agar tetap cerah. Caranya dengan mencampurkan sedikit cuka apel ke dalam seduhan teh. Lakukan perawatan ini 1-2 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Masker Susu + Telur

Buat masker rambut dari campuran susu cair dan telur. Masker rambut alami ini akan memberikan kondisi rambut yang berkilau, tetap lurus, lembut sekaligus gampang ditata. Usapkan masker ini ke rambut dengan merata dan tunggu hingga mengering. Akhiri dengan mencucinya menggunakan shampoo dilanjutkan memakai kondisioner dan lihat hasilnya.

Telur

Bahan alami yang satu ini merupakan salah satu conditioner rambut alami yang mampu membuat lembut tekstur rambut dan menjadikannya bertahan lurus. Balurkan kocokan telur ke rambut dan tunggu hingga 1/2 jam lamanya. Cuci menggunakan air dingin kemudian lanjutkan menggunakan shampoo.

Yoghourt

Yoghourt termasuk item perawatan rambut yang bisa memberikan tekstur lembut ke rambut sekaligus mengatasi problem rambut rontok ataupun munculnya ketombe. Cara menggunakannya, campurkan yoghourt plus telur atau bisa juga menggunakan sari perasan buah lemon. Ramuan kemudian ditambahkan beberapa tetes minyak kelapa agar menghasilkan yang terbaik untuk rambut.

Olive oil

Minyak zaitun merupakan bahan alami untuk perawatan rambut yang mudah didapatkan di supermarket terdekat. Selain kaya akan nutrisi yang baik untuk rambut, minyak zaitun juga bisa dikreasikan dengan bahan lain seperti telur untuk mendapatkan rambut lurus dan mudah diatur secara alami.

Caranya cukup sederhana, siapkan beberapa sendok makan minyak zaitun murni, kemudian campur dengan satu atau dua butir telur. Aduk rata hingga merata dan teksturnya menjadi sedikit kental. Jika ingin menambahkan aroma, bisa ditambahkan sedikit madu atau beberapa tetes essential oil kesukaan.

Setelah adonan masker rambut dari campuran minyak zaitun dan telur siap, oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut dari akar hingga ujung. Usahakan jangan terkena area kulit kepala ya. Setelah dioleskan, bungkus rambut dengan shower cap atau handuk hangat agar masker lebih meresap sempurna.

Biarkan masker ini selama 30-60 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air dingin. Pijat rambut perlahan saat membilas agar sisa maskernya benar-benar bersih. Lalu keringkan rambut seperti biasa.

Manfaat dari masker minyak zaitun dan telur ini memang luar biasa. Minyak zaitun kaya akan vitamin E dan asam lemak sehat yang membantu melembapkan dan menyuburkan rambut. Sementara telur mengandung protein dan nutrisi penting lainnya untuk menguatkan rambut dari akar.

Hasilnya, rambut akan terasa lebih lembut, lurus, berkilau, serta mudah diatur tanpa perlu dihair tonic atau sejenisnya. Perawatan alami dan murni dari bahan-bahan yang aman untuk kesehatan. Bisa dilakukan rutin 1-2 minggu sekali untuk memaksimalkan keindahan rambut.

Santan

Cara merawat rambut secara alami menggunakan santan sudah lama diterapkan para wanita sejak dahulu. Untuk perawatan yang ini tambahkan beberapa tetes sari perasan lemon kemudian dinginkan dalam kulkas hingga 2 jam. Usapkan ke rambut dan selubungi menggunakan handuk, diamkan dulu kurang lebih 1/2 jam. Cuci menggunakan shampo sesudahnya.

Sari buah Lemon

Sari buah Lemon boleh ditambahkan dengan bahan perawatan rambut alami lain misalnya minyak kelapa, yoghourt, susu atau telur. Balurkan di rambut dan tunggu hingga mengering kurang lebih 10 menit. Akhiri dengan membilasnya menggunakan shampo.

Cuka

Bahan ini pun termasuk produk perawatan rambut yang bisa mempertahankan rambut selalu lurus. Terapkan larutan cuka guna membilas rambut sesudah keramas. Cara ini pun akan menjadikan rambut berkilau.

Itulah 10 cara merawat rambut secara alami menggunakan bahan-bahan yang bisa diperoleh dengan mudah. Silahkan dicoba sendiri di rumah!